Home » , , » Rumus Excel Angka Terbilang Tanpa VBA Bagian Satu

Rumus Excel Angka Terbilang Tanpa VBA Bagian Satu

Salah satu tips belajar excel secara efektif adalah dengan melibatkan sebuah target atau sebuah hasil yang ingin dicapai. Dalam mempelajari rumus excel, kali ini tantangannya adalah menggunakan rumus excel angka terbilang. Contohnya adalah angka 12345 akan menjadi dua belas ribu tiga ratus empat puluh lima. Menantang?

Sebelum memulai, terlebih dahulu ide menyelesaikan tantangan ini adalah dengan membagi angka ke dalam kelompok satuan yang terdiri dari tiga angka. Jadi akan ada lima jenis satuan trilyun, milyar, juta, ribu dan satuan.

Dari setiap tiga angka satuan ini kemudian dipecah menjadi ratusan, puluhan dan angka satuan. Kemudian angka yang sudah satuan ini diterjemahkan ke dalam bilangan, 1 menjadi satu, 2 dua, dan seterusnya.

Selanjutnya adalah optimasi angka misalkan angka 11 bulan sepuluh satu tetapi sebelas, satu ratus menjadi seratus. satu ratus nol nol menjadi seratus.

Mari mulai! Bagian pertama adalah adalah memiliha angka menjadi satuan, trilyun, milyar dan seterusnya.  Berikut ilustrasinya, definisikan input yaitu berupa angka, kemudian dijadikan teks agar bisa dipotong potong menjadi tiga angka dengan menggunakan fungsi TEXT().

Fungsi TEXT digunakan untuk mengkonversi sebuah angka baik bilang bulan maupun maupun pecahan ke format yang diiinginkan. Kali ini formatnya adalah "0", jadi bilangan bulan tanpa angka dibelakang koma.

Sehingga kalau inputnya adalah 1234,56 akan dikonversi menjadi 1235 saja. Mengapa menjadi 1235 karena pembulatan 0.56 menjadi angka satu. Sedangkan kalau 1234.46 akan menjadi 1234, karena pembulatan 0.46 kebawah atau angka nol. Perhatikan Cell B1, sebagai hasil dari rumus =TEXT(A1,"0"). Lihat lagi, ada perbedaan antara angka yang rata kanan dan text yang rata kiri.

Dari langkah pertama ini, dapat diambil pelajarannya, fokus pada satu masalah dalam satu waktu, yaitu bagaimana caranya mengubah angka menjadi text agar bisa dipecah menjadi menjadi tiga angka mulai dari belakang.

Langkah selanjutnya menambahkan informasi trilyun, milyar, juta, ribu dan satuan berdasarkan panjang textnya. Tahu fungsi untuk menghitung panjang text? Ya, benar fungsi LEN(). Ilustrasinya dalam gambar dikanan berikut ini. Perhatikan Cell B5

Sebuah bilangan disebut mencapai trilyun kalau panjang angkanya lebih dari 12, betul? Milyar kalau lebih dari 9 angka,  Juta kalau lebih dari 6 angka, dan kurang dari seribu kalau kurang dari 4 angka? Betul ya?

Sebelumnya mari kita kenali konsep alamat cell absolute, yaitu alamat sel yang digunakan dalam rumus tetapi akan bersifat absolute meskipun rumusnya diduplikasi ditempat lain. Mari lihat contoh kita akan menggunakan Cell B5, atau sebagai panjang angka dan membandingkan dengan jumlah angka 12, 9, 6 dan 3 sebagai penganti satuan.

Ilustrasinya adalah sebagai berikut. Peratikan rumus di A8 sampai dengan E8, semuanya menggunakan tanda $B$4. Ya benar, untuk mengunakan cell referensi absolute, kita mengenal operator $ di awal huruf cell dan di awal angka baris untuk menyatakan cell spesifikasi.

Perhatikan rumusnya, disitu kita mengenal juga operator > yang berarti lebih besar. tersedia juga operator < (lebih kecil), = (sama dengan), dan <> (tidak sama dengan). Kali ini kita gunakan tanda > (lebih besar) untuk mematikan angka memenuhi persyaratan yang diminta untuk sebuah satuan.

Dari contoh, kita bisa lihat bahwa 1234 memiliki dua satuan benar untuk ribu dan satuan.

Bagian pertama untuk belajar rumus excel angka terbilang sampai di sini. Langkah selanjutnya adalah memisah angka menjadi tiga angka untuk masing-masing satuan? Masih mau? Klik Share dulu. Semangat! Fighting!

Terima kasih sudah membaca Rumus Excel Angka Terbilang Tanpa VBA Bagian Satu

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment