Home » , , » Cara Cepat Membuat Laporan Kas di Excel

Cara Cepat Membuat Laporan Kas di Excel

Mau buat laporan pengeluaran dan penerimaan uang, tapi nggak tahu mulainya dari mana? Atau sudah pernah buat tetapi kelihatannya cukup rumit karena harus mengatur tampilan dan isi datanya. Ingin tahu cara cepat membuat laporan kas di excel? Ikuti tutorial berikut ini.



Laporan Kas adalah laporan keuangan untuk menjelaskan transaksi yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu misalkan harian, mingguan atau bulanan bahkan tahunan. Isinya detil transaksi yang dilakukan seperti kapan, apa yang dilakukan, termasuk apa debet/kredit, dan terakhir adalah saldo. Saldo ini terus berubah untuk setiap transaksi yang terjadi. Transaksi debet akan menambah saldo, dan transaksi kredit akan mengurangi Saldo. Biasanya di awal laporan selalu ada saldo awal untuk menunjukan nilai awalnya.

Sekarang mari dimulai untuk membuat laporan kas sederhananya,

Membuat Data Transaksi

Agar belajar excelnya dapat berjalan dengan baik, maka kita mengunakan prinsip menggunakan excel yang efektif. Pertama yang kita buat adalah struktur datanya. Kita akan membuat sebuah sheet yang berisi data transaksi kita. Isinya adalah waktu transaksi, jenis transaksi, keterangan dan nilai transaksi. Pertama adalah kita menganti nama sheet menjadi "transaksi" agar lebih mudah diingat dan dijadikan referensi.



Selanjutnya kita membuat table sederhana untuk data transaksi. Berikut ilustrasinya.


Sekarang kita sudah memiliki tabelnya, mari kita tambah beberapa transaksi didalamnya.


Sudah selesai bagian pertama menyiapkan data untuk laporan.

Membuat Laporan Kas di Excel

Bagian kedua adalah membuat laporan kas di excel. Caranya seperti yang dijelaskan di tips bekerja di excel secara efektif, kita membuat informasi laporannya  terlebih dahulu, baru dioptimasi dengan menggunakan rumus.

Berikut adalah layout tampilan yang akan dibuat,



Sekarang Layout sudah siap, selanjutnya kita optimasi dengan menggunakan rumus excel. Dimulai dari tanggal, kita gunakan rumus referensi =@alamat cell. Berikut gambarnya,


Untuk mengatur format cell, dapat langsung dengan menekan Ctrl+1 (tekan tombol control+angka satu bersamaan).

Selanjutnya rumus referensi informasi transaksi yang dilakukan. Ini dapat dilakukan sama dengan referensi tanggal.  =@alamat cell.


Nah, tantangan berikutnya adalah membedakan mana saldo, mana debet dan mana kredit. Kali ini kita buat saldo termasuk debet karena dianggal pemasukan awal. Sehingga kita hanya membedakan apakah transaksinya kredit atau bukan. Kalau bukan kredit atau debet nilai transaksi ditampilkan, kalau tidak, maka diberi angka no. berikut ilustrasinya.


Demikian pula untuk transaksi Kredit, apabila transaksi berjenis kredit, nilainya ditampilkan, bila tidak dianggap 0.


Langkah selanjutnya membuat rumus saldo, yaitu dengan mengacu pada saldo sebelumnya ditambahkan dengan nilai transaksi debet dan dikurangi dengan nilai transaksi kredit.


Selesai sudah, dan langkah terakhir adalah membuat penjumlahan tabular di bawah untuk total transaksi dengan menggunakan rumus excel  =SUM(), dan Saldonya adalah nilai Debet dikurangi dari Kredit. Ingat Untuk saldo jangan digunakan SUM tabular, angkanya akan salah.

Demikian cara kita membuat laporan kas sederhana. (JagoanExcel) Semoga bermanfaat. 
Jangan lupa Klik "Berbagi" di tombol dibawah ini agar teman yang lainnya bisa memanfaatkan informasi ini. 




Terima kasih sudah membaca Cara Cepat Membuat Laporan Kas di Excel

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment