Home » » Memahami Rumus VLOOKUP di Excel dengan Mudah

Memahami Rumus VLOOKUP di Excel dengan Mudah

Rumus VLookup Excel sepertinya menjadi sebuah pertanyaan besar bagi sebagian besar orang. Bagaimana cara menggunakanya di excel, dan apa manfaatnya. Termasuk kamu, kan? #koqtahu Iya, kalau tidak kenapa kamu baca tulisan ini. #hehehe

Mari kita mulai dengan ilustrasi sederhana, Semisalkan kamu diberikan kesempatan memilih satu angka antara 1-5. Coba kamu pilih, dalam hati. Sudah?

Cocokan dengan tabel berikut ini

NoPerasaan
1Bahagia
2Sedikit Senang
3Biasa
4Sedikit Sedih
5Susah

Benar, tidak? Kalau salah, ya minta maaf.

Tetapi dari contoh ini, kita bisa tahu cara kerja dari VLOOKUP yang mirip.

Syarat untuk menggunakan rumus VLOOKUP adalah
  1. Angka atau teks referensi yang dipilih,
  2. Tabel Referensi.
    PERHATIAN, Tabelnya harus mengandung urutan angka/teks dari kecil yang terbesar di kolom pertama dan kolom selanjutnya berisi informasi yang ditampilkan. 

Rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut =

VLOOKUP( lookup_value, table_array, index_num, [range_lookup] )

Jangan bingung, artinya begini.
  • lookup_value, adalah angka/teks yang kamu pilih tadi. Ingat-ingat, pilih angka berapa? Sudah?. Kalau kamu pilih angka 1 maka lookup_value = 1.
  • table_array, adalah tabel berisi angka/teks referensi di kolom pertama, dan informasi tambahan di kolom selanjutnya. 
  • index_num, adalah isi dari kolom ke-berapa yang akan ditampilkan. Jadi misalkan ada tabel informasi berisi nomor siswa sebagai kolom referensi, terus kolom selanjutnya berisi nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir. Apabila ingin menampilkan nama siswa sebagai informasi yang ditampilkan, maka index _num nya adalah nomor 2,  untuk tempat lahir, index_num nya 3.
  • range_lookup adalah sebuah pilihan, boleh ada atau tidak. Isinya bisa TRUE dan FALSE. Kalau dipilih FALSE berarti kolom referensi dan teks/angka yang dicari harus sama persis. Maksudnya kalau cari JAGOAN maka tabelnya harus ada kata JAGOAN, kalau tidak ada akan menghasilkan error tidak tersedia atau #N/A
Berikut adalah contoh langsung di file excelnya,

Demikian penjelasan tentang rumus vlookup di excel.  Semoga mudah dipahami. Kalau belum juga, silahkan simak videonya (belum diupload). Klik "Share" ya.
Terima kasih sudah membaca Memahami Rumus VLOOKUP di Excel dengan Mudah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment