Home » , , , » Jangan Belajar Rumus Excel Terlalu Banyak, Mau Tahu Kenapa?

Jangan Belajar Rumus Excel Terlalu Banyak, Mau Tahu Kenapa?

Salah satu tips dalam belajar excel secara efektif yang dituliskan sebelumnya adalah dengan melakukan perhitungan otomatis. Strategi kebanyakan orang adalah belajar rumus excel sebanyak-banyaknya. Ini menjadi masalah tatkala sudah terlalu banyak pengetahuan tentang rumus, tetapi belum tahu bagaimana menggunakannya.

Pernah tidak kita belajar sesuatu, misalkan dalam sebuah pelatihan 3 hari, kemudian sepanjang 3 hari, dikasih semua materi, peserta duduk mendengar. Apa yang terjadi? Bisa jadi saat kembali pulang, saat akan menggunakan materi pelatihan, sudah lupa semuanya. Ya, karena terlalu banyak materi yang harus diingat oleh peserta sehingga semua malah di keluar kepala, alias tidak dimengerti oleh pesertanya.

Mau tahu masalah apalagi yang disebabkan belajar rumus excel terlalu banyak, simak penjelasnnya.

Masalah dengan Belajar Rumus Excel Terlalu Banyak

Ada banyak masalah yang bisa ditimbulakn kalau belajar rumus excel terlalu banyak, berikut ringkasannya,

1. Terlalu Banyak, Mudah Lupa

Rumus excel banyak sekali jumlahnya, dari yang sederhana hingga yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Nah kalau dipelajari semua, dirunut satu satu, kebanyangkan waktu yang tersita akan cukup banyak. Belum lagi, kalau membaca terlalu banyak, apa yang terjadi terlalu penuh kepalanya. Jadinya lupa deh, Rumus 1 hafal, 2 hafal, 3 hafal, sampai rumus ke-10, pas ditanyan rumus 1 lupa semua. Tuh kan kalau terlalu banyak itu mudah lupa.

2. Terlalu Banyak Rumus, Bingung Implementasi

Ada lagi yang lain. Misalkan bisa hafal 10 rumus. Terus ada kasus yang melibatkan kombinasi dari rumus yang ada. Wah tambah bingung waktu prakteknya. Kenapa karena belajarnya satu satu tidak dalam sebuah kerangka yang saling terkait. Ini juga merupakan salah satu kekurangan kalau terlalu banyak belajar rumus.

3. Terlalu Banyak Rumus, Sederhana Jadi Kompleks

Di lain kasus, karena hafal terlalu banyak rumus, yang bisa terjadi adalah hal yang seerhana menjadi kompleks karena semua ingin pakai rumus, biar canggih, biar keren. Paahal tidak sama sekali. excel dibuat untuk memudahkan pekerjaan, seharunya apa yang diasilan jga tidak terlalu rumit. Namun ternyata malah menjadi kompleks karena ingin terlihat pintar dengan menggunakan rumus rumus excel yang siper rumit.

4. Terlalu Banyak Rumus, Bingung Mengelolanya

Di sisi lain, kalau terlalu banyak rumus, akan semakin rumit mengelola sheet yang satu. karena biasanya rumus melibatkan sheet lain, Apalagi kalau sudah makin banyak sheet yang digunakan dan beragam rumus yang dimasukan, lengkap sudah kerumitan yang ada. Alih-alih menyederhanakan yang adalah rumit, bingung mengelolanya.

Daripadanya, ada baiknya kalau kita pakai prinsip yang akan dijelaskan dibawah ini, Apa itu?


Fokus Satu Hal dalam Satu Waktu

Dalam belajar yang perlu diperhatikan adalah tujuan belajar, yaitu paham. Belajar excelpun demikian, kita bisa belajar sendiri dengan informasi yang ada di google sekarang ini. Selain itu tetap berpegang kalau belajar itu setahap demi setahap, agar semakin hari semakin paham apa yang dipelajari. Jadi daripada sibuk dengan rumus rumus excel yang nggak jelas kapan dipakainya, sebaiknya ada pendekatan yang baik. 

Berikut adalah prinsip-prinsip yang bisa dipakai untuk belajar rumus excel dengan baik dengan fokus pada satu hal di satu waktu, apa itu? 

Belajar secara bertahap

Setiap orang tumbuh setiap hari, entah tinggi badan, berat badan, sampai pengetahuannya. Dan itu terjadi setahap demi setahap bukan. Nah belajarpun seharusnya juga dengan tahapan secara bertahap. Demikian juga belajar exel, bertahap. Dari yang sederhana hingga yang kompleks. Cara belajar yang bertahap itu adalah dengan mengambil sebuah tema latihan seperti pekerjaan kantor yang harus diselesaikan dimulai dari yang sederhana, kemudian bertambah tingkat kesulitannya.

Dengan mengambil pekerjaan harian sebagai tema latihan, kita menjadi lebih terampil dalam mengerjakan latihan dengan menggunakan rumus rumus baru. Cara bekerja yang lama, yang sudah tidak efektif lagi, akan digantikan dengan cara kerja baru yang lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga terasa manfaat dari rumus excel yang kita pelajari. Kalau sudah terasa manfaatnya biasanya kita ingat terus. jadi belajar bertahap membuat kita tumbuh dengan rasa percaya diri.

Fokus Satu Masalah dan Satu Rumus

Cara belajar dengan sebuah tema dapat dilakukan dengan mengajukan bertanyaan secara terus menerus. Satu pertanyaan atau masalah dan fokus dengannya berkaitan dengan solusi rumus excelnya. Contoh ada sebuah tabel berisi nama lengkap siswa, dan kita mau membedakan mana nama depan, dan nama belakang. Hal yang mudah kita lakukan adalah  dengan mencari rumus apa yang bisa membantu kita untuk memisahkan.

Contoh kalau mau memisahkan nama depan dari nama lengkap, ada cirinya yaitu keberadaan spasi. Kalau ada spasinya berarti ada nama depan, betul? Nah apa fungsi untuk mencari spasi?

Coba google, "find character excel". Nanti ketemu dech, kalau fungsinya bernama FIND. Nah mudahkan. Karena kita fokus pada satu masalah bagaimana mencari spasi, maka kita mudah untuk mencari solusinya.

Sekarang posisi spasi sudah ketemu, tentu kita akan ambil nama depan adalah dari awal kata sampai posisi spasi ditemukan? Betul. Maksudnya contoh "Anton JagoanExcel", kita mau ambil nama depan Anton, tentu kita akan ambil dari huruf awal, sampai huruf n -kedua atau sebelum spasi, bukan? Apa ya fungsi buat mengambil text di awal pada rumus excel?

Coba google lagi, "get substring excel". Ketemu? Ya, ada fungsi LEFT, MID, dan RIGHT. tentu yang cocok untuk kebutuhan nama depan adalah LEFT, jadi kita bisa langsung menggunakan fungsi LEFT(). Nah disini kita coba lagi fokus pada satu masalah yaitu mengambil sebagian text dari nama di excel, dan ketemu jawabannya adalah Rumus LEFT. Mudahkan.

Fokus, pada satu masalah yang ingin diselesaikan, dan fokus cari solusinya. Cukup satu masalah selesai, untuk lanjut ke masalah yang lain. Satu persatu hingga semuanya selesai.

Manfaat fokus dalam Satu Waktu

Dari penjelasan diatas tentang kita bisa tahu, dengan berfokus pada satu hal dalam satu waktu kita, memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Daripada belajar terlalu banyak, lebih baik memilih belajar satu hal dalam satu waktu, dan digunakan yang kita ketahui untuk menyelesaikan masalah kita. Pekerjaan juga akan cepat selesai dan kita bisa bergeser ke pekerjaan berikutnya. Semoga bermanfaat (Anton JagoanExcel)

Terima kasih sudah membaca Jangan Belajar Rumus Excel Terlalu Banyak, Mau Tahu Kenapa?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment