Home » , , » Mau Tahu Bagaimana Mewarnai Cell Excel Secara Otomatis?

Mau Tahu Bagaimana Mewarnai Cell Excel Secara Otomatis?

Mau Tahu Bagaimana Mewarnai Cell Excel Secara Otomatis? Kini ada jawabannya dengan mudah. Ya mudah, Hanya saja kita kadang belum tahu dan masih ingin mewarnai secara manual, satu-satu dikasih warna. Mau tahu bagaimana caranya biar tidak salah warna? Ini dia jawabannya.

Microsoft excel memiliki fitur yang namanya conditional formating. Dari namanya, dapat diterka kalau ini adalah kemampuan untuk mengatur format tampilan dengan syarat tertentu. Ya, betul! Conditional formating adalah kemampuan untuk mengubah format seperti format tampilan, warna tulisan, atau warna background, dengan kriteria tertentu.

Manfaat mewarnai Cell

Kapan kita perlu mewarnai cell? Tentunya tergantung kebutuhan. Warna mudah dikenali dibandingkan dengan angka atau teks, sehingga penggunaan warna berguna untuk mendapatkan informasi yang tersebar dan berjumlah banyak. Dengan mencari warna sesuai keinginan, kita bisa mendapatkan informasi secara cepat di cell tertentu. Contohnya, misalkan kita mencari sebuah angka hasil perhitungan dengan enam angka dibelakang koma  di antara dengan jumlah 20 kolom dan 20 baris. Tentunya akan lebih mudah kalau ada warna dibandingkan harus memeriksa satu satu. Kesimpulannya, bisa data yang tersedia dalam jumlah yang banyak dan tersebar, atau ingin hasilnya secara mudah dipelajari makan penggunaan cell yang berwarna akan sangat berguna.

Bagaimana Membuat Cell Berwarna Otomatis

Untuk lebih mudahnya, kita akan mengambil sebuah kasus memberikan warna berdasarkan nilai. Aturannya adalah kalau nilai 1-6 akan berwarna merah, 7-8 berwarna kuning, dan 9-10 berwarna hijau. Berikut langkahnya, setelah data terisi
  1. Pilih semua cell yang akan diatur formatnya.
  2. Pilih Tombol Conditional Formating
  3. Pilih Manage Rules, ini semata untuk memudahkan, kalau hanya satu aturan bisa langsung menggunakan menu New Rules
  4. Kemudian Pilih New Rules di Window Conditional Formating Rules Manager

  5. Untuk membuat aturan sesuai kebutuhan kasus diatas, dipilih menu Format Only Cells that Contain. Maksudnya kita akan melakukan format data yang memiliki rentang nilai tertentu.

  6. Setelah itu kita isikan angka awal dan akhir dari kriteria.
  7. Langkah selanjutnya adalah melakukan format data, dengan memilih menu format.

  8. Setelah memilih tombok OK, Selanjutnya dapat dilanjutkan dengan membuat aturan yang sama dengan urutan langkah di nomor ke-3.
Demikian cara kita mewarnai cell excel secara otomatis dengan mudah.
Terima kasih sudah membaca Mau Tahu Bagaimana Mewarnai Cell Excel Secara Otomatis?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Post a Comment